Rabu, 19 Oktober 2011

Perilaku Konsumen Jilid 2

Pengertian Konsumen

Pengertian Konsumen menurut Philip Kotler (2000) dalam bukunya Prinsiples Of Marketing adalah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau memperoleh barang atau jasa untuk dikonsumsi pribadi.

Ciri-ciri konsumen :
1. Berpikir jangka pendek
2. Tidak pernah puas
3. Selalu ingin mendapatkan barang-barang baru

Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.

Penggunaan Segmentasi Pasar :
Mengelompokkan pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang homogen, dimana tiap kelompok (bagian) dapat dpilih sebagai pasar yang dituju (ditargetkan) untuk pemasaran suatu produk. Agar segmentasi pasar atau pengelompokkan pasar dapat berjalan dengan efektif maka harus memenuhi syarat-syarat pengelompokkan pasar sebagai berikut :
1. Measurability, yaitu ciri-ciri atau sifat-sifat tertentu pembeli harus dapat diukur atau dapat didekati.
2. Accessibility, yaitu suatu keadaan dimana perusahaan dapat secara efektif memusatkan (mengarahkan) usaha pemasarannya pada segmen yang telah dipilih.
3. Substantiability, yaitu segmen pasar harus cukup besar atau cukup menguntungkan untuk dapat dipertimbangkan program-program pemasarannya.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen membeli ulang produk :
1. Pengalaman menggunakan produk tersebut
2. Kualitas produk tersebut
3. Cocok tidaknya produk yang digunakan
4. Terbiasa dengan produk tersebut
5. Loyalitas konsumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar